assalamualaikum

Friday, February 15, 2013

Keistimewaan Sholat Tahajjud

Rasullullah pernah bersabda bahwa ada 3 hal yang menunjuk pada pintu kebaikan, yaitu puasa, sedekah yang bisa menghapus dosa dan mengerjakan sholat tahajjud di tengah malam. Sholat tahajjud merupakan salah satu pintu kebaikan yang jika kita melakukannya, maka kebaikan akan datang kepada kita.
Banyak sekali manfaat dari sholat tahajjud yang bisa kita dapatkan. Karena Allah SWT telah banyak berfirman tentang sholat tahajjud begitu pula Rasulullah yang juga banyak memberikan hadist tentang sholat malam atau sholat tahajjud.
Seperti tercantum dalam surat Al-Isra’ ayat 79:
“Dan pada sebagian malam hari bersembayang tahajjudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.”

Tentang Sholat Tahajjud
Sholat tahajjud adalah sholat sunat yang dikerjakan pada malam hari, khususnya pada sebagian malam atau waktu paling utama yaitu pada sepertiga malam yang terakhir (sekitar pukul 02.00-03.30). Seperti riwayat yang disampaikan Abu Hurairah.
Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah bersabda : Allah turun ke langit dunia setiap malam, ketika masih tersisa sepertiga malam yang terakhir. Allah berfirman: “Siapa yang berdoa kepada-Ku, Aku akan mengabulkannya. Siapa yang memohon kepada-Ku, Aku akan memberinya. Dan siapa yang memohon ampunan kepada-Ku, Aku akan mengampuninya.”
Tahajjud termasuk sholat sunah muakad, yaitu sholat sunah yang dikuatkan oleh syara’. Kita bisa mengerjakan sedikitnya dua rakaat dan paling banyaknya tidak terbatas.
Perhitungan waktu sepertiga malam :
    Pertama : Kira-kira pukul 19.00 s/d pukul 22.00
    Kedua : Kira-kira pukul 22.00 s/d pukul 01.00
    Ketiga : Kira-kira pukul 01.00 s/d masuk waktu Shubuh

Tata Cara Sholat Tahajjud
Sebenarnya kita bisa melakukan sholat tahajjud kapan saja di malam hari, selepas sholat isya’ atau sebelum tidur dan di kala bangun malam. Namun waktu yang paling utama memang sepertiga malam yang terakhir yaitu sekitar pukul 02.00-03.30. Setelah kita bangun malam, saatnya kita melaksanakan sholat tahajjud. Kita bisa melaksanakan sedikitnya dua rakaat, jumlahnya tidak terbatas sesuai kemampuan. Bacaannya sama seperti sholat biasa. Hanya niatnya saja yang berbeda.

Niat Sholat Tahajjud :

 أﺻﻠﻲﺴﻨﺔ ﺍﻠﺘﻫﺠﺪ ﺮﻛﻋﺘﻴﻨﻲﻠﻠﻪ ﺗﻋﻠﻲ

Ushallii sunnatan tahajjudi rok’ataini lillaahi ta’aalaa.
Artinya : ”Aku niat shalat tahajud dua rakaat karena Allah”

Dilanjutkan seperti sholat biasa, dua rokaat salam. Membaca Al-Fatihah lalu surat Al-Kafirun untuk ayat pertama dan Al-Ikhlas untuk rakaat kedua. Bisa juga diganti dengan surat lain yang kita hafal. Selesai sholat dan salam lalu berdoa dan berdzikir kepada Allah SWT.

Manfaat dan Keistimewaan Sholat Tahajjud
Allah mempergantikan malam dan siang. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat pelajaran yang besar bagi orang-orang yang mempunyai penglihatan. (QS. An-Nuur:44)
Di bawah ini beberapa manfaat sholat tahajjud:

1. Pencegah dan penghapus perbuatan dosa
Dari Abu Umamah, bahwa Rasulullah pernah bersabda : Tetaplah kalian untuk mengerjakan sholat malam karena ia merupakan kebiasaan orang-orang saleh sebelum kalian. Ia merupakan pendekatan kepada Tuhan kalian, penghapus dosa-dosa dan pencegah dari perbuatan dosa (HR Tirmidzi)
Dalam hadist diatas kita lihat bahwa sholat malam atau sholat tahajjud adalah kebiasaan orang-orang saleh, untuk mendekatkan diri pada Allah, menghapus dosa-dosa dan mencegah perbuatan dosa.
Sebagai sebuah ibadah malam, tanpa ada kesadaran atau mendapat pencerahan seseorang tentu akan merasa berat untuk melaksanakan sholat tahajjud. Banyak orang lebih memilih untuk tidur atau beristirahat. Namun orang yang benar-benar berniat dan mengharap keridloan Allah tentu akan mau melakukannya.

2. Doa terkabul
Seperti firman Allah yang ada di atas, barangsiapa yang menunaikan sholat malam pada sepertiga malam yang terakhir, berdoa, memohon ampunan, maka Allah akan mengabulkan dan memberikan ampunan. Dengan melakukan sholat tahajjud, kita mencoba mendekatkan diri kepada Allah, meminta dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tawadhu’. Semoga Allah mengabulkan segala doa kita dan memberikan ampunan-Nya.

3. Obat dari berbagai penyakit
Malam merupakan waktu yang hening dan sepi. Sholat tahajjud yang kita dirikan di waktu malam akan membiasakan kita dalam kesendirian, keheningan dan kesunyian malam. Orang yang terbiasa dalam keheningan dan kesendirian akan dijauhkan dari kesombongan, sifat rakus, tamak, egois, pamer dll. Karena penyakit hati seperti itu akan semakin menjadi jika kita terus berkumpul dengan banyak orang berbeda dan dengan sifat berbeda. Oleh karena itu, semakin rutin kita mengerjakan sholat tahjjud semakin kuat iman kita dan dijauhkan dari sifat-sifat tidak terpuji atau penyakit hati yang lain.
Ditinjau dari sisi medis, ternyata bangun pagi bisa menyehatkan dan menjaga kesehatan tubuh. Udara di pagi hari adalah udara yang sehat, jauh dari berbagai polusi dan penyakit. Air di pagi buta yang kita pakai untuk berwudhu juga air yang jernih dan segar. Air yang membasuh wajah tangan, dan kaki kita akan menjaga kesehatan kita. Wajah kita semakin cerah dan bercahaya bila dibasuh dengan air wudhu.
Dengan bangun pagi, menghirup udara segar, membasuh tubuh dengan air segar akan menjaga kesehatan kita. Menjauhkan dari penyakit fisik dan mental spiritual.

4. Dikagumi Allah SWT
Dari Abdullah bin Mas’ud, Rasulullah SAW bersabda :
Tuhan kita kagum pada dua orang: yang bangkit dari selimutnya meninggalkan orang yang dicintai dan keluarganya untuk mengerjakan sholat. Maka Allah berfirman kepada malaikat-Nya ”Lihatlah hamba-Ku, dia bangkit dari tempat tidur dan selimutnya meninggalkan orang yang dicintai dan keluarganya untuk mengerjakan sholat karena mengharap apa yang ada pada-Ku. [...]
Dari sabda beliau, terlihat bahwa Allah mengagumi orang-orang yang bangun dan mengerjakan sholat dan yang kedua adalah orang yang berjihad di jalan Allah.

5. Sebagai ucapan rasa syukur
Rasa syukur kita tidak hanya bisa kita ungkapkan dengan mengucapkan Alhamdulillah. Selain hati dan ucapan, kita juga bisa mengungkapkannya dengan perbuatan. Salah satunya adalah dengan menjalankan sholat, sholat wajib dengan rutin dan baik serta sholat sunnah yang lain. Salah satunya adalah sholat tahajjud.

6. Memiliki kemuliaan
Rasulullah bersabda : ”Ummatku yang paling mulia adalah orang yang hafal al-Qur’an dan mereka yang mengerjakan sholat pada malam hari.” (HR. Baihaqi) Diriwayatkan oleh Ibn Abbas.
Hafal Al-Qur’an merupakan suatu kemuliaan, karena al-Qur’an sendiri merupakan sumber kemuliaan. Selain orang yang hafal al-Qur’an, orang yang melakukan sholat tahajjud juga menjadi orang yang mulia. Mulia di hadapan Allah. Sholat tahajjud juga memiliki beberapa kemuliaan.

Kemuliaan Sholat Tahajud Rasulullah pernah bersabda bahwa “Barangsiapa menjaga tahajjud dengan sungguh-sungguh, maka Allah akan memberinya 9 kemuliaan.” (5 di dunia, 4 di akhirat)
Kemuliaan di dunia:
1. Allah menjauhkannya dari bencana dan bala.
2. Wajahnya memancarkan tanda keshalehan
3. Akan dicintai hamba Allah yang soleh dan akan disegani manusia.
4. Lidahnya memiliki kemampuan berbicara yang mengandung hikmah.
5. Akan diberi kelebihan menjsdi orsng ysng bijaksana dan mudah faham agama Allah.

Kemuliaan di akhirat:
1. Bangkit dengan wajah penuh cahaya
2. Mudah dihisab dan memperoleh keringanan.
3. Seperti kilat menyambar saat menyeberangi shirotol mustaqim.
4. Menerima catatan amal dengan tangan sebelah kanan

Subhanallah, sungguh banyak sekali kemuliaan sholat tahajjud apabila kita benar-benar mengerjakannya dengan sungguh-sungguh. Maka dari itu, marilah kita mulai dari sekarang untuk mengerjakan sholat tahajjud.

Tips agar bisa bangun malam
Setelah kita mengetahui seluk-beluk, manfaat sholat tahajjud sekaranglah saatnya kita memulai kebiasaan sholat malam. Namun, dalam pelaksanaannya kita pun masih susah untuk bisa bangun malam. Mungkin karena malas, terlalu capai, atau tidak bisa bangun malam.

Di bawah ini beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk bisa bangun malam dan melakukan sholat tahajjud :
  
1. Memiliki azzam (keinginan yang kuat untuk bangun malam)
Dengan keinginan yang kuat dan niat yang sungguh-sungguh kita akan bisa bangun malam pada waktu yang telah kita tentukan. Itu tergantung pada sugesti kita pada diri-sendiri. Jika kita betul-betul berniat, Insyaallah kita bisa bangun malam untuk melaksanakan sholat tahajjud.

2. Tidak terlalu banyak makan dan minum sebelum tidur.
Jika terlalu banyak makan dan minum, akan membuat kita merasa malas dan mengantuk. Selain itu, berlebih-lebihan juga sebenarnya tidak baik bagi kesehatan. Allah pun tidak menyukai orang yang boros dan berlebih-lebihan.

3. Menggunakan pengingat
Gunakanlah pengingat seperti alarm untuk membantu membangunkan anda di malam hari. Bunyi alarm biasanya berisik dan membuat kita terganggu hingga bangun dari tidur, namun biasanya jika kita meletakkannya dekat kepala atau dekat jangkauan maka kita akan segera mematikannya dan kembali tidur. Maka dari itu kita sebaiknya meletakkan jam wekker atau hp agak jauh dari jangkauan, jika misalnya kita terganggu kita akan mencoba bangun dan berjalan lalu mematikannya. Setelah itu jangan kembali tidur, tapi kerjakanlah sholat tahajjud.

4. Tidak terlalu banyak bekerja
Jika kita sudah bekerja atau masih bersekolah saja, kadang kita merasa capai dan masih memiliki banyak tugas yang harus diselesaikan. Terkadang bahkan kita harus begadang. Bahkan badan yang lelah terkadang tidak bisa membuat kita tertidur. Maka dari itu kita harus pandai-pandai mengatur waktu agar kegiatan kita tidak membuat kita kelelahan dan melupakan ibadah, apalagi ibadah wajib.

5. Tidak melakukan dosa di siang hari
Ini merupakan rahasia orang yang arif dan bijaksana agar bisa bangun untuk mendirikan sholat tahajjud. Melakukan dosa bisa menjadi penghalang untuk dapat meraih rahmat Allah dan bisa membuat hati menjadi keras.

Nah, semoga sedikit informasi yang saya sampaikan ini bermanfaat dan bisa memotivasi kita untuk melakukan sholat tahajjud. Karena sesungguhnya banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari sholat tahajjud.

 
Oo000oO

Dikutip dari :

- Buku “Misteri Sholat Tahajjud” yang ditulis oleh Muhammad Muhyidin, diterbitkan oleh Penerbit Diva Press.

- id.wikipedia.org/wiki/Salat-Tahajud

- republika-online.com

1 comment:

  1. artikelnya menarik. membuat saya semangat mengerjakan sholat tahajud. thanks infonya

    ReplyDelete