Friday, June 8, 2012

Khansa Ibunda para Syuhada

Pada saat itu Khansa belum beragama Islam,dia masih dalam zaman jahilliyah. Khansa dikenal sebagai wanita yang sering bersyair,suaranya merdu dan semua orang pada saat itu menyukainya. Pada saat Rasulullah menyebarkan agama Islam,Khansa dan rombongannya menemui rasul. Khansa mendengarkan Rasulullah membaca Al-Qur'an,ia sangat kagum dan masuk Islam.


Pada saat ia masuk Islam, ia sering disuruh rasul sebagai penyemangat perang dengan syairnya. Saat ia sudah tua, ia tidak bisa bersyair lagi, Khansa sedih karena tidak bisa membantu. Lalu dia mendatangi anak-anaknya dan bertanya kepada anaknya "apakah kalian sudah masuk Islam". Keempat anaknya menjawab "sudah bu,kami masuk Islam dengan ikhlas".

Khansa menasehati anaknya agar ikut berperang di jalan Allah Swt. Lalu anaknya pun mengikuti kata Khansa untuk berperang. Anaknya pun berangkat ke medan perang. Saat perang sudah usai pasukan Muslimin memenangkan peperangan. Khansa menunggu anaknya,namun ia tidak melihat anaknya datang, pada rombongan terakhir pun ia tidak melihat anaknya.


Ternyata anak-anaknya sudah mati syahid di medan perang dan ia pun mengangis, tapi ia sudah mengikhlaskan anak-anaknya kepada Allah Swt. Tidak lama kemudian Khansa wafat. kaum Muslimin sedih kehilangan wanita yang sangat hebat.

No comments:

Post a Comment